7 TRADISI UNIK PERAYAAN PASKAH DI DUNIA

Paskah identik dengan coklat dan telur hias. Hampir di seluruh negara di dunia merayakan momen Paskah dengan menghias telur warna warni, berburu telur, hingga mengkonsumsi sajian telur.

 

Selain menghias telur, ada banyak tradisi Paskah di berbagai negara yang unik dan berbeda dari biasanya. Tentunya tradisi merayakan Paskah tidak lepas dari sejarah dan kepercayaan masyarakat setempat.

 

Berikut 7 tradisi unik perayaan Paskah di dunia yang Goodway Vacation Club rangkum dari berbagai sumber.

 

PRANCIS

Salah satu tradisi perayaan Paskah di Prancis adalah membuat telur dadar raksasa dari ribuan telur yang dimasak beramai-ramai oleh puluhan juru masak.

 

Nantinya telur dadar raksasa ini disajikan dengan roti dan dibagikan ke seluruh penduduk desa.

 

NORWEGIA

Jika di negara lain memiliki tradisi menghias telur atau memecahkan kelinci berisi coklat pada perayaan Paskah, lain halnya dengan Norwegia yang mempunyai cara unik dalam merayakan momen libur Paskah.

 

Penduduk Norwegia memiliki tradisi Paskekrimmen, yaitu sebuah tradisi Paskah yang diisi dengan aktivitas membaca, menonton, dan mendengarkan cerita kriminal ataupun thriller.

 

SPANYOL

Tradisi perayaan Paskah unik lainnya adalah tradisi El Salto del Colacho yang berasal dari negara Spanyol.

 

Tradisi El Colacho merupakan tradisi melompati bayi dengan kostum setan tradisional berwarna kuning di Spanyol. Tradisi unik ini diyakini oleh masyarakat Spanyol dapat mengusir roh jahat sekaligus menyucikan dosa si bayi.

 

 

FILIPINA

Negara Filipina mempunyai tradisi unik dalam merayakan momen Paskah. Setiap tahunnya masyarakat Filipina mencoba mencambuk punggung sendiri dan menggunakan mahkota duri. Bahkan diantaranya ada yang mempraktikan seperti penyaliban Yesus dengan memaku tangan dan kaki di kayu salib.

 

FINLANDIA

Tradisi Paskah di Finlandia dirayakan dengan anak-anak perempuan yang berdandan menggunakan kostum ala Halloween.

 

Anak-anak tersebut akan berpakaian menyerupai nenek sihir dan berkeliling mengetuk pintu rumah penduduk sekitar untuk mengusir roh jahat. Sebagai imbalannya, mereka akan meminta permen atau cokelat kepada si pemilik rumah.

 

POLANDIA

Polandia memiliki tradisi Paskah yang unik bernama Smigus Dyngus. Tradisi tersebut merupakan pernyataan cinta dari para pria kepada para wanita lajang.

Uniknya, tradisi ini dilanjutkan dengan acara perang air. Dimana para masyarakat akan mengambil air ke dalam wadah lalu menyiramnya kepada siapa saja yang ada di dekatnya. Hmm, terlihat mirip Festival Songkran di Thailand, ya?

 

CEKOSLOWAKIA

Tradisi perayaan Paskah unik yang terakhir adalah tradisi di Ceko dan Slowakia yang sedikit tidak lazim, yaitu pria akan memakai kostum khusus sambil mencambuk para wanita dengan batang pohon willow. Kabarnya, tradisi ini dilakukan sebagai simbol keberuntungan dan kesuburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *