Fakta-fakta Menarik Tentang Patung GWK Di Bali Yang Perlu Diketahui

Patung GWK – Siapa diantara Anda yang suka ke Bali? Pernahkah Anda sekalian mendengar tentang Patung Garuda Wisnu Kencana atau biasa disebut dengan Patung GWK. Bagi Anda yang masih asing dengan patung ini, kami akan memberi tahu beberapa fakta atau juga informasi yang harus Anda ketahui mengenai patung Garuda Wisnu Kencana berada di Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali. Patung hasil karya seniman terkenal asal Bali I Nyoman Nuarta tersebut di gadang-gadang menjadi sebuah megaproyek ambisius, dikarenakan nantinya di lokasi Patung GWK akan diperkuat dengan adanya berbagai fasilitas pendukung yang ada disekitarnya. Salah satu fasilitas yang dibuat adalah seperti Lotus Ponda, yang merupakan ruang alami dengan pilar-pilar batu cadas yang mengelilingi yang bisa menampung lebih dari 7.500 orang.

Lotus Panda hanyalah bagian kecil dari kemegahan yang dimiliki oleh Patung GWK, masih ada beberapa fakta menarik lainnya yang dimiliki oleh Patung Garuda Wisnu Kencana ini, apa sajakah itu? Ini dia beberapa fakta menarik tentang patung GWK di Bali yang perlu diketahui:

  1. Diambil dari tokoh mitologi kepercayaan umat Hindu

    GWK
    Image Source: mantrahindu

Salah satu fakta yang harus Anda ketahui adalah bahwa patung ini diambil dari mitologi kepercayaan umat Hindu. Banyak orang awam mungkin yang tidak tahu mengenai tokoh patung Garuda Wisnu Kencana ini. Garuda diambil dari tokoh mitologi kepercayaan umat Hindu, yaitu sosok burung garuda raksasa yang memiliki wujud setengah manusia yang ditunggangi oleh dewa Wisnu. Sedangkan, Dewa Wisnu merupakan Dewa besar yang ada dalam mitologi kepercayaan umat Hindu.

  1. Pembuatan Patung GWK 28 tahun

Fakta kedua yang perlu Anda ketahui adalah ternyata pembuatan patung GWK sudah 28 tahun lamanya, sejak zaman Soeharto. Awal pemulaan pembuatan patung ini dikarenakan permintaan Alm Joop Ave kepada I Nyoman Nuarta untuk membuat patung yang bisa dipasang di Bandara Ngurah Rai. Saat itu Alm. Joop Ave menjabat sebagai Menteri Pariwisata  dan Telekomunikasi.

GWK
Image Source: imgcop

Di tahun 1993, Presiden Soeharto pun memberi izin untuk memulai pembagunan Patung tersebut dan dilakukanlah peletakan patung pertama di kawasan taman kebudayaan di  Bukit Unggasan Jimbaran, Bali.

Namun, dikarenakan krisis moneter pada tahun 1998, akhirnya terpaksa mega proyek Patung GWK ini pun dihentikan. Dua tahun berselang, akhirnya I Nyoman  Nuarta pun menjual 82 persen aset ke PT. Alam Sutera Reality Tbk, berharap bahwa perusahaan tersebut bisa membiayai mega proyek tersebut dan membuat pengerjaan patung ini selesai. Pada tahun 2018, akhirnya Patung Garuda Wisnu Kencana ini baru selesai pengerjaannya.  Dan, pada tanggal 4 Agustus 2018 telah diresmikan oleh Presiden Jakarta.

  1. Pernah berhenti tahun 2000-an

Seperti yang telah dikatakan dikarenakan krisis moneter dan tidak ada biaya untuk melanjutkan mega proyek ini, akhirnya pembuatannya pun dihentikan. Ternyata, bukan hanya itu penyebab proyek ini terhambat, banyak isu yang beredar tentang pembangunan patung ini begitu lama salah satunya adalah salah arah tempat pembangunan menurut sisi spritual Hindu hingga pembangunannya bertahun-tahun.

GWK
Image Source: hipwee

Masyarakat Bali berpendapat bahwa patung GWK harusnya menghadap arah utara, sama dengan kehadiran Dewa Wisnu, bukan malah sebaliknya ke arah selatan yang harusnya cocok dengan Dewa Brahma.

Tetapi, apapun itu semoga saja patung ini bisa menjadi destinasi wisata yang membanggakan untuk masyarakat Bali, bahkan untuk masyarakat Indonesia juga.

  1. Termasuk Salah Satu Patung Tertinggi Di Dunia

    GWK
    Image Source: MalangTODAY

Ternyata fakta lainnya yang membanggakan dari patung Garuda Wisnu Kencana adalah termasuk salah salah satu tertinggi di dunia. Sedubagai rakyat Indonesia kita patut berbangga hati, karena telah disejajarkan dengan patung-patung tertinggi di dunia yang terkenal Spring Temple Budha di Henan, The Lykun Sekyya Budha di China, Ushiku Daibutsu, Liberty, The Motherland Calls dan Christ The Redeemer, bahkan disebut-sebut tingginya melebihi patung liberty di Amerika Serikat.

Jadi itu dia beberapa fakta fakta yang perlu Anda ketahui mengenai patung GWK di Bali, yang informasinya harus selalu diingat. Karena patung in bukan hanya kebanggan masyarakat Bali, juga kebanggaan masyarakat Indonesia.

2 Replies to “Fakta-fakta Menarik Tentang Patung GWK Di Bali Yang Perlu Diketahui

  1. Hi! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no data backup. Do you have any solutions to protect against hackers?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *