GAMELAN: SIMBOL KESENIAN YANG TAK TERNILAI

Melodinya bagai lantunan dari surga. Ialah music perkusi penghibur raja raja. Melodinya misterius penuh warna. Kombinasi harmonis dari nada nada yang berbeda. Alat musiknya berjejeran dimainkan oleh belasan niyaga. Ialah gamelan. Orkestra dari negeri Indonesia. Bagaimana awal kisahnya?

Mitos bercerita bahwa Sang Hyang gurulah penciptanya. Mula mula dewa dari semua dewa ingin membuat gong untuk memanggil para dewa. Lama lama pesan yang dikirimkan bertambah banyak dan beragam. Menciptakan alat music lainnya sehingga terciptalah gamelan.

Memang tak ada yang tahu kebenaran namun kisahnya abadi dalam ukiran di candi candi. Ketika di kerajaan2 menguasai kepulauan nusantara ukiran berkisah banyaknya pedagang hilir mudik memperkenalkan music dari daerah asalnya menjadikan gamelan yang kita kenal sebagai gabungan dari banyak budaya. Lalu bagaimana kisahnya sekarang?

Gamelan pernah berjaya sebagian dari ritual agama serta iringan wayang dan tari hiburan para raja di masyarakat nusantara. Namun alunan melodinya kini mulai jarang  terdengar malah dentingan gamelan muncul dari tetangga yang justru semakin sering memainkannya. Mungkin ini salah mereka? Mungkin kita kini hanya menganggap sebagai benda usang yang ada di museum saja. Tangan tangan terampil penabuh perunggu cemerlang kini mulai berkurang, lantas apa kah gamelan perlahan lahan akan menghilang ?

Walaupun denyut iramanya melemah, nyatanya nada itu masih ada. Banyak sekolah seni anak anak masih berlatih memainkan, para musisi dan pemerintah pun terus mendorong gamelan agar sampai ke telinga dunia. Mungkin kita lupa, tapi orchestra ini telah Berjaya di mancanegara. Ia dikagumi oleh warga dunia sebagai sebuah simbol kesenian yang tak ternilai harganya. Bahkan alunan nadanya mengalir di udara jauh sampai luar angkasa..

Dunia barat memang orchestra klasiknya dengan biola dan terompet, mainkan maha karya dari Barch dan Mozart, mungkin itu sudah biasa. Namun bukan hanya mereka, kita juga bisa membanggakan orchestra nusantara dengan gong, saron, dan gendang khas gamelan. Angar bisa mainkan karawitan maha karya nenek moyang kita semegah orchestra dunia. Bisa di bilang gamelan adalah cerminan bangsa yang memang berasal dari budaya budaya berbeda. Ia menunjukan bahwa banyak dari latar belakang kita bisa bersatu menjadi harmoni yang indah. Menyebarkan damai dan kebahagiaan di negeri kita hingga jauh ke luar angkasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *