PANDUAN PROTOKOL KESEHATAN WISATA ARUNG JERAM

 

Arung jeram atau yang biasa dikenal dengan Rafting merupakan sebuah kegiatan wisata yang memadukan unsur petualangan, edukasi, olahraga, dan rekreasi dengan aktivitas mengarungi alur sungai menggunakan perahu karet.

Kegiatan wisata alam ini banyak digemari oleh para pecinta olahraga outdoor atau petualang adventure. Namun sayangnya, wisata susur sungai ini sempat terhenti akibat imbas pandemi Covid-19.

Meski begitu, Goodwaytravelers kini sudah bisa kembali menikmati wisata arung jeram dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

(Foto: kembara.info)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) untuk kegiatan wisata arung jeram.

Lalu protokol kesehatan apa saja yang harus dipatuhi wisatawan selama wisata arung jeram? Berikut panduan protokol kesehatan untuk wisata arung jeram yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

PANDUAN PROTOKOL KESEHATAN WISATA ARUNG JERAM

rafting boat on the fast mountain river

PERIKSA KESEHATAN TUBUH

Pastikan diri dalam kondisi sehat sebelum memulai kegiatan berarung jeram. Sampaikan kepada operator atau petugas di lokasi kegiatan jika mengalami kondisi yang tidak sehat untuk mendapatkan pertolongan pertama sesegara mungkin.

GUNAKAN MASKER DAN SELALU JAGA JARAK AMAN

Tetap memakai masker selama Goodwaytravelers berada di lokasi kegiatan maupun saat di moda transportasi, senantiasa menjaga jarak aman minimal satu meter.

MEMBAWA BARANG PRIBADI DAN PERLENGKAPAN SANITASI

Pakai pakaian berarung jeram yang aman dan tidak membahayakan, bawa botol minum sendiri, masker cadangan, kantung kedap air untuk menyimpan masker cadangan, dan barang bawaan lainnya jika perarungan lebih dari satu hari perjalanan.

MEMAKAI PERLENGKAPAN ARUNG JERAM DENGAN BENAR

Menggunakan perlengkapan keselamatan yang telah disediakan sesuai arahan dari pemandu/petugas operator arung jeram.

RAJIN MENJAGA KEBERSIHAN TANGAN

Senantiasa mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir/menggunakan hand sanitizer setelah memakai perlengkapan keselamatan, saat turun dari kendaraan , hingga sebelum dan sesudah beraktivitas wisata susur sungai.

PATUHI INSTRUKSI PEMANDU

Mengikuti arahan dan instruksi dari pemandu saat berarung jeram, mulai dari briefing hingga saat susur sungai berlangsung.

MENJAGA KEBERSIHAN SUNGAI

Terakhir, jangan lupa ikut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan selama berarung jeram. Pastikan Goodwaytravelers tidak meninggalkan apapun selama di tempat wisata arung jeram.

MONTENEGRO, RIVER TARA – JUNE 06/2012: in the north of Montenegro passed competitions on rafting. The competition was attended by representatives of different countries.

Demikian sejumlah panduan protokol kesehatan bagi Goodwaytravelers yang ingin menikmati kembali wisata arung jeram. Tetap jaga kesehatan dan menjaga 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dimanapun Goodwaytravelers berada.

Jadi, sudah siap memacu adrenalin kembali?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *