Tips Liburan Keluarga: Mau ke Eropa? Ini Dokumen Yang perlu dimiliki

Dokumen Eropa

Eropa selalu menjadi tempat liburan favorit bagi banyak orang Indonesia untuk menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta mereka. Anda sendiri mungkin juga tertarik untuk pergi ke benua Biru yang satu ini. Tetapi, keindahan Eropa yang banyak disukai oleh hampir seluruh orang didunia ternyata untuk pergi ke sana tidak semudah itu. Bukan hanya saja tentang materi atau biaya yang harus Anda keluarkan, tetapi Anda juga harus siap menyusun berbagai dokumen yang diminta oleh kedutaan Eropa jika ingin mengunjungi salah satu negara dari benua ini. Visa Schengen adalah salah satu dokumen yang harus Anda persiapakan, tetapi untuk bisa mendapatkan visa tersebut ada beberapa dokumen pendukung yang juga Anda siapkan, apakah sajakah itu?

Dokumen Eropa
Image Source: pixhere

Untuk membantu Anda berikut ini kami bantu Anda untuk mengetahui apa saja dokumen-dokumen yang dibutuhkan jika ingin Visa Schengen tersebut, yaitu:

  • Foto bewarna

Tips liburan keluarga pertama yang perlu Anda persiapkan adalah foto bewarna dengan ukuran 3,5 cm x 4,5 cm untuk latar belakangnya warna putih. Sebenarnya, di kedutaan ada fasilitas untuk pembuatan foto, namun jika Anda ingin pembuatan visa Schengen berjalan lancar bisa membawa foto sendiri, dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

  • Passport

Pastinya jika Anda ingin mendapatkan ijin atau Visa Schengen dari kedutaan Eropa, terlebih dahulu Anda harus memiliki passport. Jadi, jangan lupa untuk mengurus passport terlebih dahulu untuk mendapatkan visa Schengen ini. Jangan lupa juga untuk membawanya saat akan mengurus Visa Schengen.

Dokumen Eropa
Image Source: WitNET News
  • Uang Tunai

Bukan hanya sebuah dokumen saja, Anda juga harus mempersiapkan uang tunai. Dikarenakan untuk pembuatan Visa Schengen ini Anda akan dikenakan biaya sebesar 60 Euro untuk yang berusia diatas 12 tahun dan 35 Euro untuk usia 6 tahun – 12 tahu, sedangkan untuk anak-anak yang barusia 6 tahun kebawa tidak akan dikenakan biaya. Jadi, Anda harus mempersiapakan uang tunai dan mengikuti kurs pada hari itu.

  • Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan Anda butuhkan untuk liburan keluarga dan harus dibawa pada saat membuat visa Schengen, dikarenakan dengan adanya asuransi perjalanan ini berarti ada jaminan ketika melakukan perjalanan di benua Eropa tersebut.

  • Formulir permohonan visa Schengen

Formulir permohonan visa Schengen ini adalah dokumen yang paling penting dan harus Anda isi dengan baik. Dan, dokumen ini bisa Anda dapatkan dari website kedutaan Belanda.

  • Bukti reservasi tiket pesawat

    Image Source: tribun kaltim

Tips liburan keluarga selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah mencatumkan bukti reservasi tiket pesawat. Untuk reservasi tiket pesawat ini, Anda tidak perlu benar-benar membayar tiket reservasi tersebut. Bukan berarti bohong, tetapi setelah Visa Schengen Anda disetujui baru bisa Anda bayarkan tiket pesawat tersebut.

  • Bukti Keuangan

Jangan lupa pula untuk mencantumkan dokumen bukti keuangan Anda, hal ini untuk memastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan ke Eropa.

  • Bukti pemesanan penginapan

Selain itu yang perlu Anda persiapkan selanjutnya adalah memberikan dokumen bukti pemesanan penginapan. Seperti tiket reservasi pesawat Anda jangan bayar terlebih dahulu, jika visa Anda sudah disetujui maka bisa membuat pemesanan penginapan.

  • Rencana perjalanan

Nantinya Anda juga akan diminta untuk memberikan list atau rencana perjalanan yang akan Anda lakukan selama di Eropa.

  • Surat keterangan kerja (jika dibutuhkan)

Apabila Anda pergi ke Eropa dikarenakan pekerjaan, jangan lupa juga untuk membawa surat ketereangan kerja. Agar nantinya tidak menjadi ilegal pada saat Anda berada di sana.

Demikian beberapa dokumen atau beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin liburan ke Eropa. Selamat berlibur, semoga tips liburan keluarga ini sangat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *