TRAVELING DI DESA ADAT? SIMAK TIPS SOPAN SANTUN BERIKUT INI

Belum lama ini fenomena kisah horror KKN Desa Penari ramai diperbincangkan di dunia maya. Walaupun cerita tersebut belum terjamin kebenarannya, kisah horror yang berawal dari tulisan akun unknown name di Twitter ini memiliki pelajaran berharga bagi siapa pun traveler yang ingin mendatangi sebuah desa.

Banyak warganet yang penasaran dengan lokasi cerita KKN Desa Penari. Namun dimanapun lokasi cerita horror yang viral di Youtube itu, ada pesan moral yang tersampaikan bahwa kita harus memahami tata krama saat berkunjung ke sebuah desa wisata atau desa tradisional.

Jalan jalan atau liburan ke sebuat desa adat, baik itu desa wisata atau desa tradisional, memang menuntut kita untuk lebih mawas diri. Oleh karena itu, Goodway Vacation Club menyusun tips tips yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke sebuah desa adat:

PATUHI ATURAN

Ketika Anda berkunjung ke sebuah tempat, biasanya ada aturan aturan yang tidak boleh dilakukan selama berada di tempat tersebut. Sebagai traveler, mematuhi aturan yang berlaku adalah sebuah kewajiban. Hal ini berlaku dimanapun Anda berada, apalagi ketika Anda memutuskan berlibur ke sebuah desa adat.

Jangan sampai tujuan kedatangan Anda ke desa tersebut berakhir menjadi malapetaka atau musibah karena keteledoran Anda dalam mematuhi aturan.

HORMATI ORANG TUA

Tentunya Anda tahu bahwa menghormati yang lebih tua masuk kedalam poin Norma Kesopanan. Saat berkunjung ke desa adat, selalu hormati mereka yang notabenenya lebih tua dari Anda. Sebaliknya, jika Anda bertemu dengan orang yang lebih muda perlakukan mereka dengan rasa kasih sayang.

MENJAGA LISAN DARI PERKATAAN YANG KOTOR

Berbaur bersama masyarakat desa adat memang tidak ada salahnya selama itu bertujuan untuk mengenal lebih dekat satu sama lain. Namun jangan sampai obrolan Anda melampaui batas sehingga harus mengucapkan kata kata yang tidak pantas diucapkan. Jaga lisan Anda untuk tidak berkata kasar apalagi vulgar.

Ini bisa menyebabkan masyarakat desa adat tersinggung dengan perkataan yang Anda ucapkan. Meskipun Anda tidak bermaksud demikian, baiknya Anda lebih berhati hati dalam berkata.

JAGA KEBERSIHAN

Sudah sepatutnya Anda harus menjaga kebersihan tempat di mana pun berada. Ini merupakan hal penting yang harus Anda ingat selalu ketika memutuskan sebagai seorang traveler.

JANGAN MELAMAR NORMA SETEMPAT

Meskipun Anda tidak mempercayai kepercayaan desa setempat, tidak ada salahnya untuk tetap mematuhi aturan dan norma norma yang berlaku

Selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, pastikan tetap mengikuti apa apa saja yang tidak boleh dilakukan pada desa tersebut. Ada batasan norma kesopanan yang mungkin sedikit berbeda di kota, tapi kamu harus beradaptasi dengan norma yang berlaku di pedesaan.

Misalnya saja dalam urusan berpakaian. Sebisa mungkin tetap mengenakan pakaian yang sopan dan rapi. Jangan sampai Anda di kritik oleh warga setempat karena pakaian seronok yang Anda kenakan.

JANGAN MERUSAK

Jika memang ada tempat atau benda yang terlarang bagi pengunjung, pastikan Anda menjauhi area yang dimaksud demi kenyamanan dan keselamatan diri. Tetap jaga dan hindari mengambil apalagi merusak yang tidak perlu dan dilarang.

RAMAH TERHADAP WARGA SETEMPAT

Memang Anda tidak harus mengenal semua penduduk yang ada di desa setempat, namun tidak ada salahnya bersikap baik kepada siapapun yang Anda jumpai selama di desa adat.

Misalnya saja seperti salam atau senyum saat sedang berpas-pasan dengan warga. Atau Anda juga bisa menggunakan bahasa tubuh lainnya yang menunjukan sisi kesopanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *