TARI KECAK: SENI YANG MEMILIKI NILAI TINGGI

Sakral dan tradisional. Puluhan orang duduk melingkari api ramai ramai bernyanyi menciptakan musik mulut yang magis dan serasi dalam harmoni. Tangan tangan melambai secara massal menciptakan pertunjukkan kolosal. Cakk… begitu komando dibunyikan acapella ala Indonesia ini pun dimulai. Para penari pun  kemudian bersaut-sautan seolah melantukan mantra. Bagi siapapun yang mendengar inilah dia tari kecak. Semakin dalam semakin kita mulai bertanya tanya misteri apa yang tersembunyi dibalik gerakan ini? benarkah para penari melakukannya tanpa sadar?

Uluwatu, Budaya, Bali, Tari Monyet, Hari Libur, Tradisi

Bertahun tahun lalu kecak adalah tembang atau lagu pengiring suatu ritual sakral pengusir bala. Bernama tari Sang Hyang. Lewat upacara suci di pura pura tak jarang para penari bergerak tanpa kehendak berbicara dengan berbagai suara. Konon roh roh leluhuradalah sebabnya. Mereka menjadi penghubung dunia manusia dengan dunia diluar sana.

Seiring waktu melaju kecak tampil dengan wajah baru. Seorang seniman bernama Wayan Limbak yang telah berjasa, bersama pelukis asal Jerman Wayan memperkenalkan tari kecak sebagai hiburan di depan para wisatawan. Menyebarkannya ke mata dunia. Namun di suatu malam setelahnya, tari kecak sempat terancam keberadaannya. Apa alasannya?

Kerusuhan dan bencana alam adalah penyebabnya. Beberapa dekade setelah tari kecak diciptakan dan mulai dikenal. Indonesia mengalamai pemberontakan besar-besaran,  Bali pun menjadi salah satu tempat dimana banyak korban berjatuhan. Padahal duka atas bencana meletusnya Gunung Agung yang terjadi dua tahun sebelumnya belum sembuh sepenuhnya. ParIwisata pun merlahan turun dan turis takut untuk berkunjung. Bagaimana nasib Bali dan tari kecak?

Tak patah semangat para seniman dan pelajar berjuang menampilkan kecak. Ketika situasi politik perlahan stabil kecak ternyata menjadi penampilan yang dinanti wisatawan. Kini kita bisa melihat pertunjukkan ini diberbagai obyek wisata. Bukan puluhan atau ratusan bahkan kecak pernah dapat rekor muri ketika ribuan penari melakukan bersama-sama tarian ini. Meski identik dipentaskan oleh laki laki tidak sulit menemukan perempuan pada pentas kolosal ini. Tari kecak pun sering kali dikolaborasikan dengan tarian dan kisah kearifan lokal lainnya, membuatnya menjadi seni yang tinggi nilainya.

Uluwatu, Budaya, Bali, Tari Monyet, Hari Libur, Tradisi

Di dunia internasional ada seni musik mulut beat box yang terkenal, nyatanya di Indonesia juga ada ialah tari kecak. Jika beatbox makin unik karena menggantikan peran alat musik, Indonesia pun tak kalah semarak lewat maha karya bernama kecak. Kini kita bisa berharap seniman-seniman muda bisa mulai berkolaborasi menciptakan karya seni yang terkenal di seluruh dunia.

Uluwatu, Budaya, Bali, Tari Monyet, Hari Libur, Tradisi

Lewat tari kecak sebenarnya kita bisa belajar makna persatuan. Bayangkan juga kita bangsa Indonesia yang beragam adalah penari penari kecak dalam satu lingkaran. Jika bersatu padu, saling mengerti dan bergerak dalam harmoni barangkali dunia akan bebas malapetaka yang nyatanya justru tercipta dalam diri manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *