BANDROS: BUS WISATA UNIK DI KOTA KEMBANG

Tidak terasa liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Berjalan jalan ke kota Bandung sudah pasti seru dan juga menyenangkan. Bandung memang tidak pernah bosan untuk dikunjungi, selain banyak aktivitas liburan yang bisa dilakukan di sana, Bandung punya ikon unik yang telah menarik perhatian banyak warga termasuk wisatawan. Namanya Bandros.

Image result for bandros
tempo/travel

Bandros, sebuah kata yang diambil dari kalimat Bandung Tour on The Bus, merupakan bus wisata yang mengelilingi kota Bandung. Bandros sendiri telah menemani aktivitas liburan para wisatawan sejak 2018 lalu. Bus yang dulunya hanya memiliki armada kurang dari lima ini, sekarang sudah ada hampir 20 Bandros yang siap mengantarkan wisatawan ke tempat tempat wisata. Pastinya bus bandris berwarna-warni, pastinya akan mengelilingi kota Bandung dengan rute rute yang berbeda-beda.

Diresmikan pada 15 Februari 2018, Bandros berkapasitas 24 penumpang ini dapat mengantar wisatawan ke berbagai lokasi menarik. Bandros beroperasi di lima rute berbeda yakni rute ungu, merah muda, hijau, biru, dan kuning. Rute biru akan berkeliling dari Alun Alun Bandung, menuju Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun Alun Regol, Kawasan Buah Batu. Lalu rute kuning bermula dari Taman Dewi Sartika, Gasibu, Pusdai, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun Alun Bandung, dan Braga. Rute ungu akan melalui jalan jalan di rute Taman Lansia, Gasibu, menuju Taman Cikapayang, Alun Alun Ujungberung, Museum Geologi, Pusdai. Sementara rute hijau akan membawa wisatawan melewati Chinatown, start di Alun Alun menuju Pasir Kaliki, Alun Alun Cicendo, Karang Setra, UPI, GOR Padjajaran. Terakhir rute merah muda yang akan melewati Gasibu, start di Taman Lansia menuju Taman Pasupati, Teras Cikapayang, Teras Cihampelas. Semua lima rute tersebut akan dilalui Bandros dengan estimasi waktu perjalanan 1 jam 30 menit. Harga tiket Bandros mulai dari Rp 20.000 untuk sekali jalan dan Rp 40.000 untuk tiket terusan yang artinya penumpang bisa beralih rute bandros sesuai destinasi yang dituju. Bagi wisatawan yang berminat naik bandros bisa menunggu di 4 titik yang sudah ditentukan diantaranya di Alun Alun Bandung, Balai Kota, Gasibu, dan Gedung Sate.

Image result for bandros
phinemo

Keberadaan bandros 5 rute ini dirasakan memudahkan moda transportasi untuk berkeliling kota Bandung. Bandros diperuntukan terutama bagi wisatawan bagi luar kota Bandung, hal ini bertujuan agar wisatawan tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk berkeliling tempat wisata. Sehingga dapat mengurangi jumlah kendaraan di kota Bandung. Terlebih Kementerian Pariwisata belum lama ini mengeluarkan Calendar of Event (CoE) Kota Bandung tahun 2020, dimana kalender tersebut terdapat 64 event pariwisata menarik yang akan digelar di kota Kembang itu. Mengutip dari laman Instagram Kementerian Pariwisata, dari Top 100 event nasional terdapat 4 events dari Provinsi Jawa Barat salah satu diantaranya adalah kota Bandung. Kelima event dari Provinsi Jawa Barat yang masuk dalam Top-100 National CoE 2020 adalah Asia Afrika Festival 2020 yang akan berlangsung di Kota Bandung pada 11 April 2020, Cap Go Meh Bogor, HardFest Pesona Jatigede, Festival Seni Budaya Cirebon, dan Gebyar Pesona Budaya Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *