NUANSA MERAH PUTIH DI GEDUNG BERSEJARAH JAKARTA

Keberadaan Belanda di Indonesia ternyata meninggalkan jejak di Bumi Pertiwi, salah satunya adalah bangunan bangunan bersejarah seperti gereja, museum, atau gedung perkantoran. Uniknya bangunan bangunan ini dihias sedemikian rupa saat menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut penampakan gedung besejarah yang Goodway Vacation Club tangkap dalam momen Kemerdekaan.

Gereja Katedral

Salah satu gereja bersejarah ternyata terletak di Jakarta. Bangunan ini adalah Gereja Katedral atau memiliki nama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga. Bangunan yang diresmikan tahun 1901 dirancang oleh arsitek asal Belanda yaitu Antonius Djikmans. Terdapat Garuda berukuran besar disisi kiri gereja yang cocok dijadikan spot foto saat memeriahkan 17 Agustus nanti.

Museum Bank Indonesia

Lalu ada Museum Bank Indonesia, gedung yang berusia hampir 2 abad ini kita bisa melihat sejarah perkembangan uang di Indonesia dari mulai pertama kali masuk di Indonesia sampai sekarang. Pada masa kolonial Belanda, gedung ini berfungsi sebagai rumah sakit. Namun pada tahun 1828 pemerintah Belanda menggantinya menjadi sebuah bank. Nuansa Merah Putih terlihat jelas dengan kehadiran bendera di sepanjang halaman luar Museum Bank Indonesia.

Museum Sejarah Jakarta  

Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih serih dikenal dengan Museum Fatahilah merupakan salah satu tempat rekreasi terkenal di Jakarta. Bangunan yang dulunya bernama balai kota Batavia ini dibangun atas perintah dari gubernur jenderal Joan van Hoorn. Museum Sejarah Jakarta  ini masuk di dalam kawasan Kota Tua. Sepanjang kawasan ini kita akan melihat gedung gedung bersejarah yang dihiasi bendera Merah Putih. Tak ketinggalan menjelang Hari Kemerdekaan akan ada festival kebudayaan Jakarta untuk menghibur para wisatawan.

Toko Merah

Hanya lewat pandangan mata saja keberadaan Toko Merah yang  berada di jl Kali Besar  kawasan Kota Tua memang sudah mengusik perhatian. Bagaimana tidak, selain sturuk bangunan peninggalan Belanda yang terlihat masih sangat kokoh, warna bangunan nya pun menarik perhatian.  Toko Merah semakin terlihat mencolok dengan kehadiran spanduk Merah Putih HUT RI Kemerdekaan.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Terakhir ada Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum ini memiliki 500-an karya seni rupa terdiri dari berbagai bahan dan teknik yang berbeda seperti patung, totem kayu, grafis, sketsa, dan batik lukis. Gedung Museum Seni Rupa dan Keramik ini dibangun pada tahun 1870. Sebagai Lembaga Peradilan tertinggi Belanda (Raad van Justitie), kemudian pada masa pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan Indonesia gedung ini dijadikan sebagai asrama militer.Museum Seni Rupa dan Keramik semakin terlihat megah dengan bendera Merah Putih yang menghiasi beranda depan.

Itu dia nuansa Merah Putih yang ada pada bangunan bangunan beserjarah di Jakarta. Bagaimana dengan bangunan bersejarah di kota Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *