SAJIAN IMLEK DI NEGARA NEGARA ASIA

Perayaan Tahun Baru Cina di berbagai negara tidak hanya diisi dengan melakukan ibadah di klenteng atau membagi-bagikan angpao. Tradisi Imlek juga identik dengan makan bersama keluarga sebagai ungkapan kebersamaan. Menu yang disajikan pun berbeda-beda. Berbagai negara di Asia memiliki sajian Imlek tersendiri dalam menyambut tahun baru.

Bagi etnis Tionghoa atau orang orang yang memiliki keturunan Cina, tahun baru Imlek merupakan bagian terpenting dari perayaan tradisi mereka. Pada penanggalan atau Kalender Tionghoa, Imlek akan dirayakan setiap tanggal 1 di tahun yang baru.

Tahun Baru Cina atau Imlek dirayakan setiap tahun oleh masyarakat Cina di seluruh dunia. Hampir setiap negara di Asia yang beretnis Tionghoa merayakan perayaan Imlek setiap tahunnya. Misalnya saja seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Filipin, Malaysia, Taiwan, Vietnam, Jepang, hingga Korea.

Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek tidak lepas dari tradisi makan-makannya. Tradisi makan bersama keluarga saat Imlek sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh etnis Tionghoa dalam menyambut tahun baru. Sajian Imlek yang dihidangkan setiap negara memiliki banyak ragam dan rasa. Mulai dari asin hingga pedas dan juga unik serta otentik. Berikut sajian Imlek yang sering dihidangkan di berbagai negara Asia.

BANH CHUNG – VIETNAM

Image result for BANH CHUNG

Banh Chung jadi salah satu makanan favorit di Ho Chi Minh, Vietnam yang terbuat dari kue beras berbentuk persegi yang terbuat dari beras ketan, kacang hijau dan daging babi.

Dibungkus dengan daun pisang berwarna hijau, makanan ini menjadi favorit orang dewasa dan anak-anak yang enak dinikmati dengan campura saus ikan atau acar daun bawang.

YEE SANG – HONG KONG

Image result for YEE SANG

Mirip seperti perayaan Tahun Baru Imlek di Hong Kong, Dumpling, Kue beras manis dan Yee Sang yang merupakan salad irisan sayuran dan ikan yang punya makna berkelimpahan.

Makan Yee Sang dimulai dengan menyiapkan bahan-bahan di atas meja kemudian mencampurkannya dengan saus seperti saus plum, minyak dan bumbu kemudian Yee Sang di aduk tinggi-tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan dimasa mendatang.

SOLNAL – KOREA

Image result for SEOLLAL FOOD

Tahun Baru Imlek di Korea sering disambut dengan hidangan Solnal. Ini merupakan sup hangat yang berisi kue beras (tteokguk). Makan semangkuk sup diyakini dapat melambangkan umur panjang dan kesehatan. Sup dengan kaldu kental dan gurih ini dilengkapi dengan irisan telur rebus, rumput laut, daun bawang dan daging sapi.

FO TIAO QIANG – TAIWAN

Related image

Taiwan menghormati nenek moyang mereka dan merayakan Tahun Baru China dengan begit banyak hidangan. Mullet Roe, Mustard Green, Kue Lobak dan ikan menjadi pilihan makanan favorit. Selain itu ada juga Fo Tiao Qiang yang merupakan sajian seperti consomme berbahan daging.

IKAN BANDENG – INDONESIA

Related image

Sajian Ikan saat perayaan Imlek sudah seperti menu wajib bagi etnis Tionghoa di Indonesia. Memakan ikan saat perayaan Imlek dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan di awal tahun baru. Di Indonesia, warga Tionghoa meyakini bahwa mengonsumsi Ikan Bandeng saat Imlek membawa rezeki dan panjang umur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *